Rabu, 23 Desember 2009

A CRIME CLOCKWORK

dapat menyimak sebuah film klasik adalah anugrah. bayangkan saja kita bisa menonton film yang dibuat bertahun-tahun bahkan berdekade-dekade sebelum kita dilahirkan. film2 tsb sudah eksis, sedangkan kita sama sekali belum ada di semesta ini. bagaikan membalik buku sejarah kenangan lama, kita melihat hal2 "baru" yang belum ada di zaman kita, entah itu baik atau buruk, yang penting kita bisa belajar sesuatu dari masa lalu. karna memang sejarah hanya untuk dikenang dan dipelajari.


A Clockwork Orange (1971) mengisahkan tentang seorang pemuda yang mempunyai kecenderungan untuk berbuat jahat, yang pada akhirnya ia dipaksa untuk menjalani sebuah terapi psikologi yang "katanya" dapat menghilangkan perilaku kriminal seseorang.

film ini disutradarai oleh Stanley Kubrick, yang merupakan salah satu sutradara paling berpengaruh di zamannya. di film ini kita dapat melihat dasar2 teknik pengkameraan serta sudut pengambilan gambar dan special effect sederhana. tidak heran film ini mendapatkan nominasi Oscar untuk Best Director dan Best Picture.

dalam menyimak film klasik Inggris seperti ini, kita perlu maklum terhadap logat2 Inggris kental dan penggunaan gaya bahasa lama yang seringkali digunakan pada dialognya. memang sih agak sedikit buyar ketika kita dijejali bahasa Inggris asing padahal kita sudah menyimak baik2 dialognya. dan logat Inggrisnya itu lho....bikin kesel kadang2....

A Clockwork Orange mendapat tempat dalam jajaran film2 klasik paling berpengaruh. dimasukkan ke dalam genre crime-thriller-drama, film ini mampu mengeksplor temanya sehingga merupakan benar2 drama kriminal yang thrilled. kelihatan sekali bahwa film ini merupakan salah satu "panutan" bagi film2 sejenisnya zaman sekarang. dibuat se-dramatic mungkin, dan termasuk "brutal" untuk ukuran zamannya. sekali lagi: "untuk ukuran zamannya"! mungkin gak sadis2 amat klo untuk zaman sekarang. film ini cocok dianggap sebagai mesin penggerak (clockwork) untuk film2 bergenre drama kriminal.

di Internet Movie Database, A Clockwork Orange mendapatkan rating 8,5/10 !! berarti film ini adalah film yang dianggap excellent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar