Kamis, 31 Desember 2009

IT IS NOT BALI

it is Balibo, yang sempat menjadi sebuah kontroversi di Indonesia beberapa waktu yang lalu. peredaran film ini dilarang di Indonesia karena tidak lulus sensor, karena dianggap mengandung unsur "terlarang" di dalamnya.

well,,,i've watched it just now....

apa yang lo pikirkan ketika sebuah film tidak lagi berlabelkan "inspired by a true story" ataupun "based on true events", tetapi berlabel: "this a true story"...?
itulah tulisan yang gw lihat pada pembukaan film ini, sebuah film produksi Australia yang rilis di Agustus 2009, dan memang benar-benar bukan film fiksi...

Balibo (2009) menceritakan tentang Roger East, seorang wartawan Australia yang mencari jejak 5 orang wartawan Australia lainnya yang hilang di Timor Timur pada tahun 1975, tepat sebelum pengambilalihan Timor Timur oleh Indonesia. Balibo adalah nama daerah di Timor, tempat di mana ke-5 jurnalis tsb dieksekusi.

film ini berupa "sejarah yang diungkap", yang sangat kontras sekali dengan sejarah yang biasa kita pelajari di SD maupun SMP tentang bagaimana NKRI "menyelamatkan" daerah kecil bernama Timor dari tangan komunis yang menjajahnya. di sini diungkap bagaimana Fretilin sebenarnya dan bagaimana keadaan masyarakat Timor pada masa-masa sulit tersebut.

dirilisnya film ini MUNGKIN dijadikan sebagai bentuk pelampiasan atas meninggalnya Soeharto; dan mengambil kesempatan atas momen itu dengan merilis film ini. who knows...
Sebab lagipula salah satu pemeran dalam film ini wajahnya mirip dengan "You Know Who" yang telah wafat itu, sehingga penonton awam pasti mengambil kesimpulan bahwa film ini juga menginjak-injak pemerintahan orde baru yang notabene dipimpin oleh Voldemort... eh, salah.

Balibo tidak sarat dengan politik, tetapi lebih kepada rasa kemanusiaan. adegan Roger East menangis adalah salah satunya. dan adegan Roger memaki tentara Indonesia lantaran mereka mengeksekusi mati-di-tempat, juga adalah salah satunya. tidak sulit. tidak seperti menyimak film2 epik kenegaraan yang penuh dengan intrik politik, ataupun kisah Mahatma Gandhi yang terlalu "manusiawi". Balibo dikemas dengan ringan, tetapi sisi emosionalnya dapet banget...

Balibo menjadi suatu dokumentasi atas cikal bakal berdirinya negara Timor Leste sekarang ini. tokoh terkenal Jose Ramos Horta juga diceritakan di film ini; bagaimana ia mencintai negaranya, dan bagaimana ia mengutuk pendudukan Indonesia atas East Timor. bisa jadi film ini juga mengungkap mengapa dulu masyarakat Timor Timur ingin lepas dari negara kesatuan kita ini. gw masi inget dulu sekitar tahun 1999 sempat gencar2nya iklan pemilu Tim-Tim yang meyakinkan masyarakat Tim-Tim untuk tetap berada di NKRI, namun pada akhirnya mereka tetap ingin berdiri sendiri. hmm...sepertinya ini bukan salah Pak Habibie...

film Balibo sempat diputar di Indonesia dan ditonton oleh para kalangan jurnalistik Indonesia. rasa penasaran mereka membuat mereka harus menonton film ini, walaupun dilarang. mungkin rasa itu jugalah yang membuat kelima jurnalis Australia tsb sampai ke Balibo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar